Nathea Trading System


BAGIAN PERTAMA:

Untuk trading 1 bulan :
1. Pada jam 02.00 waktu broker buka chart EURUSD TF MN atau GBPUSD terserah, pas ditanggal 1 awal bulan
2. Siapkan juga Chart EURUSD atau GBPUSD di TF D1
3. Perhatikan hanya satu Candle terakhir

Untuk trading hanya satu hari :
1. Pada jam 02.00 waktu broker buka chart EURUSD TF D1 atau GBPUSD terserah.
2. Siapkan juga Chart EURUSD atau GBPUSD di TF H1
3. Perhatikan hanya satu Candle terakhir

saya ambil kopi dulu....
================================================== ========
BAGIAN KEDUA

Kita lanjutkan

1. Kembali ke chart TF MN perhatikan satu candle terakhir saat kira-kira jam 06.00 WIB.
2. Perhatikan arah gerakan candle, mengarah turun atau naik.
3. Apabila arah candle turun, buka chart TF D1
4. Gak usah pasang indikator apapun. Gak usah pake Fibo, Suport Resistance, Trendline dan macem-macem.
5. Di TF D1 OP SELL sesuai arah pergerakan candle di TF MN.
6. Pake TP 300-500. Jangan serakah.
7. Apabila arah candle kebalikannya. OP BUY.

================================================== ========
Di TF MN hanya candle tanggal 1 yang dilihat. Untuk OP di D1 di waktu yang saya jelaskan di atas. Kalau waktu kita kira-kira jam 6.00 pagi. Candle gak perlu nunggu sama.

Intinya sebelum candlestick terbentuk utuh, kita masuk OP. Saat candle naik turun itulah kita ambil TP nya.
Satu candle di GBPUSD TF Monthly bisa mencapai 1000 pips lebih, sedangkan di D1 bisa 200-250 pips.

================================================== ========
BAGIAN KETIGA (SCALPING 1 CANDLE) :

Strategi scalping intinya mencari pips kecil-kecil dalam frekuensi sebanyak mungkin. Tentunya dengan OP yang juga sering. Biasanya scalping dilakukan di TF M1 atau M5.

Adakalanya teknik scalping perolehan pipsnya melebihi strategi longterm, tergantung teknik yang digunakan.

Berbeda dengan scalping 1 candle yang akan saya jelaskan. Kita akan bermain di TF H1 atau candle 1 jam.
Kunci dari strategi scalping ini terletak pada :

1. Entry OP ( kapan kita buka posisi )
2. Close position ( menutup order )
3. Take profit yang tidak terlalu besar
================================================== ========
Untuk trader yang bingung dengan strategi di atas, perlu saya pertajam kembali begini :


1. Untuk Trading harian, pertama lihat lebih dahulu arah pergerakan candel di D1. Bila candel naik 5 pips dari Open pertama berarti siap-siap ambil posisi Buy. Sebaliknya bila di D1 candel turun 5 pips dari open pertama berarti kita siap ambil posisi Sell. (Buy atau sell di buka di TF H1).

2. Buka chart H1. Amati candel yang baru terbentuk (candel terakhir di H1). Apabila arah pergerakan candel sama dengan arah di D1 kita langsung OP. Apabila berbeda tunggu hingga arahnya sama di candel berikutnya.

3. Buy atau sell di H1 dilakukan kira-kira jam 02.00 di waktu server, bisa juga sebelum itu asalkan di D1 candel sudah terlihat bergerak 5 pips dan candel H1 searah dengan candel D1.

4. Semoga tidak kebingungan lagi.

Dengan strategi longterm mungkin kita bisa memperoleh 10-40 pips dalam 1-4 jam. Dalam scalping kita bisa mendapatkan dua kali lipatnya.

Untuk trend naik : Pertama ambil posisi Buy TP 5. Apabila tersentuh di TP 5, kita langsung OP sell TP 5 juga karena harga akan terkoreksi turun.

Untuk trend turun : Pertama ambil posisi Sell TP 5. Apabila tersentuh di TP 5, kita langsung OP Buy TP 5 juga karena harga akan terkoreksi naik.

Perhatikan waktu candle selesai di menit 60, apabila hampir mendekati waktu selesai segera keluar dari market dan jangan ambil OP dulu hingga candle baru muncul.

Apakah pernah terpikirkan dari sebuah candel dengan tinggi candel hanya 8 pips, kita bisa meraih profit sebanyak 4 OP x 5 pips/OP = 20 pips ??. Berarti dari 10 Candle kita bisa mengambil profit sebanyak 200 pips.
Bagaimana seandainya sekali OP kita pasang 5 order sekaligus ??? Benar 1000 pips hanya dari 10 candel.

Berbeda dengan teknik scalping biasa yang mungkin cukup 1 OP/candle. Dengan akumulasi 10 candle (misal candle 6 pips) hanya 60 pips.

Itulah sebenarnya ruh dari strategi Extreme Scalping 1 Candle dengan multy OP ini.



Saat yang tepat untuk Entry

Sebelum bicara tentang Entry Point atau moment yang pas untuk masuk pasar, sebaiknya persiapkan dahulu beberapa perangkat pendukung tempur kita :

1. Senapan mesin dengan amunisi Buy dan Sell 1 - 3 OP sekali trade (Script Buy Sell).

2. Pasang juga Script Close all untuk menutup semua Open posisi kita (digunakan apabila tanpa menggunakan Take Profit).

CLOSE ALL.ex4

3. Grafik atau Chart kosong yang hanya berisi Candle. Pasang untuk Timeframe H1, D1 boleh juga dengan M5.

4. Time Cadle, untuk menghitung mundur waktu pembentukan Candle

CandleTime THV.mq4

5. Bisa juga pasang indi candle wicks Display atau candle body untuk mengetahui pips pergerakan candle.

CandleBodyM1.ex4

6. Pasang Indi candle Pattern Recognition Master (Untuk mempermudah mengenali patern2 candle reversal dan Continuous Candle atau Candle yang berlanjut).

Pattern_Recognition_Master_v3.ex4

7. Persiapkan Equity/ modal untuk bertempur, kira-kira tidak sampai kehabisan bekal ditengah jalan.

8. Black cofee atau segelas susu juga boleh.

9. Hati-hati, kita bertempur bukan di gurun yang datar tapi di dataran pegunungan yang terjal. Sudah pasti akan menemukan banyak puncak yang menjulang atau lembah yang curam.

10. Trading dengan MM yang aman.


Entry untuk Once a Day Trading (1 x OP perhari) :

Pasar Amerika ditutup pkl. 24:00.
Sesi pasar Pasifik dibuka pkl. 23:00 hingga pkl 06:00 waktu server.
Pkl. 03:00 pasar asia mulai buka yang akan ditutup pkl 11:00 .

Saat Pasar amerika ditutup pkl 24:00 adalah waktu kita untuk Masuk ke market karena biasanya pasar masih bergerak searah hingga pasar Asia mulai buka.
Untuk once a day trading, langsung OP mulai pkl.00:00 (Kira-kira Pkl.04:00 WIB) waktu server. Lihat arah pergerakan Candle di D1. Konfirmasi dengan Candle pattern hari sebelumnya.
Karena rentang waktu hingga pasar Asia buka hanya 3 jam. Pasang TP maksimal 15, SL 15.

Pkl. 03:00 - 06:00 biasanya pasar akan berbalik arah sehubungan dengan dibukanya sesi asia. Pada waktu tersebut pasar akan berbalik arah 8-30 pips di EU dan GU.
Untuk pasar Amerika Open Mulai jam 20:00 -04:00 WIB
Untuk pasar Asia open mulai jam 07:00 - 15:00 WIB
Untuk pasar Eropa open mulai jam 14:00 - 22:00 WIB http://www.forexindo.com/forum/images/smilies/ym/1.gif

Entry pkl 06.00 WIB, kita belum masuk sesi Asia Market. Rule di post awal dimaksudkan agar kita memahami basic dari strategi 1 candle ini. Ketika trader sudah memahami arti pergerakan candle yang dilihat dari TF D1, kita akan masuk pada Entry lebih awal. Sebenarnya dengan sisa waktu 1 jam menuju pembukaan sesi Asia, masih memungkinkan untuk meraih 20 pip lebih.

Untuk 1x Op per hari , jam 06:00 adalah waktu terakhir kita masuk pasar. Lebih awal tentu lebih cepat untuk mencapai TP. Apabila SL tersentuh, tidak perlu OP kedua untuk strategi pertama ini. Apabila trader ingin membiarkan floating hingga beberapa jam kedepan, maka SL harus dipasang lebih besar.
Apabila ingin aman agar SL tidak tersentuh, pasang SL 100, tentunya dengan modal yang lebih besar.

Berbeda dengan strategi kedua di TF h1 dan Scalping H1, rule untuk entry akan dijelaskan selanjutnya.

  1. Trader cerdas selalu mencari cara, bisa keluar dari jebakan emosional dan melatih sensitifitasnya terhadap perilaku harga, baru kemudian memproduksi profit. Biasanya pencarian tersebut terhenti setelah menemukan sebuah teknik yang teruji dan bisa diandalkan.

    Sementara, hingga hari ini banyak trader lain masih terjebak dengan trading ala Las Vegas, bermain-main tanpa pedoman sama sekali, semangat mereka adalah sikat habis tanpa memperhatikan rambu-rambu dan sinyal-sinyal yang sebenarnya disediakan market bagi siapapun yang ingin mengeksplorasinya.

    Trader harus menenemukan satu saja gaya tradingnya. Tidak perlu semuanya dilahap. Itu hanya akan membuat kebingungan sendiri. Apabila trader merasa cocok dengan gaya trading harian 1x OP, eksplorasilah sedalam-dalamnya agar trader bisa menemukan titik-titik kelemahan untuk bisa dicari solusinya. Begitupun apabila strategi scalping dirasa lebih cocok dengan gaya trading yang trader miliki maka perdalamlah teknik scalpingnya. Kelak mereka akan mencapai tahap 'menemukan jalan trading' nya.

    Disini saya hanya membantu trader memilih gaya tradingnya dengan sinyal-sinyal entry yang setelah saya uji, cukup baik untuk meraih profit.

    Mengapa saya memilih Strategi Candlestick ? Setelah para ilmuwan melakukan riset puluhan atau ratusan tahun, ternyata dari candle tercakup semua informasi perilaku / pergerakan market. Apabila kita melihat pergerakan satu candle, kita akan merasakan denyut pasar yang sebenarnya. Kita akan merasakan kekuatan Buy atau Sell dari para pelaku pasar.

    Ketika indikator lain memberikan sinyal lewat analisa market beberapa waktu kebelakang, pada candlestick tidak demikian. Candlestick bisa meramal arah market beberapa waktu ke depan. Beberapa jam kedepan, bahkan beberapa hari ke depan. Jadi dari sifatnya yang demikian, trader akan lebih memiliki akurasi yang tinggi untuk memprediksi trend ke depan.

    Sekali lagi, apa pun strategi yang dipilih trader, pilihlah salah satu yang dianggap paling cocok. Perdalamlah itu, eksplorasilah titik-titik kritisnya, pertajam akurasi entry pointnya, dan terpenting Money Manajemennya. Itu akan lebih baik.

    Apabila strategi yang saya sampaikan dirasa impossible, maka trader juga tidak dipaksa untuk mengikuti teori-teori yang disampaikan. Karena itu kembali ke trader sendiri.

    Untuk mencapai tahap Dance with the market diperlukan jam terbang yang tinggi, serta kepekaan trader terhadap perubahan yang terjadi di market. Suatu saat nanti saya yakin trader semua akan memahami inti dari strategi yang telah disampaikan. Jangan terjebak dengan masalah sesi open market, dll. Pada dasarnya di market manapun kita bisa melakukan trading dengan gaya kita sendiri asal kita telah melakukan perhitungan dengan matang. Jangan pernah down dengan minus floating, kalu kita yakin dengan perhitungan kita bahwa akan tercapai TP, jalanin aja.

Sebelum membahas Entry point atau Tips & Trik Extreme Scalping 1 Candel, saya ingin menyampaikan lebih dahulu Entry Point untuk teknik ke-2, Scalping Candle di H1.

Untuk Entry perhatikan gambar berikut beserta rulenya :

Lihat Chart H4 :

Strategi tanpa indikator dan 99,9% profit-h4-1.jpg


Lihat Chart H1:

Strategi tanpa indikator dan 99,9% profit-h4-2.jpg

Strategi tanpa indikator dan 99,9% profit-h4-3.jpg

Strategi tanpa indikator dan 99,9% profit-h4-4.jpg


Tips :

1. Apabila ragu berapa kira-kira TP yang bisa dicapai satu candle H1, pakai Script Close untuk manual Close apabila profit telah dicapai.

2. Selesaikan setiap transaksi dalam 1 candle saja, apabila candle baru muncul buka transaksi baru.

3. Ambil TP kecil dengan jumlah OP lebih dari 1 sekaligus per trade.

4. Saat sedang terjadi breakout, candle agar bergerak lebih cepat naik atau turunnya. Untuk itu perlu digunakan bantuan tombol Hotkey untuk mengakses Script Buy, Sell atau Close All untuk segera membuka atau menutup posisi.

5. Karena setiap transaksi diselesaikan hanya dalam satu candle, maka perkirakan saja SL yang dipasang tidak perlu jauh-jauh dari Lower atau Upper Candle sebelumnya.

6. Saat pasar sedang trending dan kemungkinan posisi BUY atau Sell berlanjut, Close bisa dilakukan pada candle-candle berikutnya.

Semoga berhasil,

Entry Point untuk Extreme Scalping

Perhatikan ilustrasi dibawah :

Strategi tanpa indikator dan 99,9% profit-h1-5.jpgStrategi tanpa indikator dan 99,9% profit-h1-6.jpg


Kapan kita melakukan OP :

Strategi tanpa indikator dan 99,9% profit-h1-1.jpgStrategi tanpa indikator dan 99,9% profit-h1-2.jpgStrategi tanpa indikator dan 99,9% profit-h1-3.jpg

Tips :

1. Persiapkan peralatan tempur seperti biasa,

2. Gunakan perintah script atau Hotkey untuk mempercepat eksekusi, terutama bila pergerakan candle cepat

3. Tutup transaksi pertama jika sudah diraih profit , lalu buka transaksi ke-2.

4. OP pertama bisa dilakukan saat awal candle H1 mulai bergerak ke atas/ke bawah, jika kita yakin bahwa trendnya benar menurut sinyal-sinyal candle sebelumnya.

5. Jika kita tidak yakin dengan arah gerak trend, tunggu hingga size candle dalam posisi maksimal lalu kita OP dengan arah berlawanan (memanfaatkan reversal trend). Setelah dirasa profit kita masuk kembali dengan arah OP pertama.

6. Saat pasar dalam keadaan trending atau breakout, 1 candle akan bergerak turun naik lebih cepat. itu adalah moment untuk mengambil posisi Buy atau Sell dengan cepat jangan hanya dilihatin, segera OP dan siap-siap juga ditutup.

Semoga berhasil,



Untuk Extreme Scalping, ketika OP pertama telah dilakukan dan TP sudah tersentuh. Maka kita bersiap untuk OP kedua. Bagaimana menentukan trend kedua naik atau turun ?

1. Kita bisa gunakan bantuan Recent Candle yang telah diupload di thread ini.

2. Tetap di chart H1.

3. Perhatikan recent candle di M5

4. Saat recent candle di M5 berlawanan arah dengan OP pertama, maka kita buka OP ke-2, tutup setelah tercapai profit.

5. Buka kembali OP ke-3 dengan arah kebalikan dari OP ke-2. Begitu seterusnya hingga OP ke-4.

SL = MC

SL mungkin bagi sebagian trader sangat penting sebagai bentuk Money Manajemen Tradingnya. Bagi saya SL diibaratkan mencabik-cabik deposit sendiri sedikit demi sedikit hingga pada akhirnya equity kita menjadi lemah.

Memang menurut teori 2x Profit - 1x loss karena SL = masih profit 1. Tapi coba pikirkan jika setelah kita kumpulkan profit seharian katakanlah 10 OP ( 5 profit dan 5 kali loss) dengan TP 20 dan SL 10, maka hitungannya = Total profit kita adalah 100 pip dan total loss kita adalah 50 pip ( Perbandingan menjadi 2 : 1). Hasil perjuangan kita seharian sebanyak 50 pip harus dibuang sia-sia dengan SL. Banyak trader mengalami kekalahan lebih disebabkan karena equity habis oleh SL.

Selama ini kita hanya dibodohi teori. Kalau mau menghindari MC, menurut saya bukan SL yang harus dipasang melainkan ketahanan point yang harus ditinggikan. Seandainya kita mampu menyiapkan ketahanan point minimal 500 misalnya, maka kita sebenarnya tidak perlu lagi SL. Prinsipnya kalaupun terjadi floating, suatu saat harga akan berbalik arah dan menyentuh TP.

Kenali dulu seberapa besar pergerakan harga paling tinggi dalam 1 hari untuk fair yang bersangkutan. Lalu ukurlah ketahanan point sedikit lebih besar dari nilai tertinggi pergerakan harga tadi. Itu saja sudah cukup aman.

Mulailah berfikir untuk memenej kemenangan bukan memenej kekalahan. Berfikirlah untuk meraih profit bukan menyiapkan loss. Kalau margin sudah aman, lebih baik fokus ke strategi. Jangan bodohi diri sendiri.

Secret Strategi III

III. Trading di senin pagi

Saat harga pembukaan market di Senin pagi berbeda dengan harga saat penutupan di hari jumat, maka itulah yang kita sebut Gap.

Untuk Secret Trading Gap, tekniknya seperti berikut :

1. Lihat posisi Candle di saat pembukaan pasar di senin pagi. Apakah terjadi price trades UP (Gap ke atas) atau price trades down (Gap ke bawah).

2. Saat terjadi Gap ke atas atau ke bawah, jangan dulu ambil posisi. Lihat apakah Candle Bullish atau Bearish.

3. Jika terjadi Gap ke atas dan posisi candle Bullish, maka bisa langsung ambil posisi BUY. Begitu pula sebaliknya, jika terjadi Gap ke bawah dan candle bearish, maka bisa langsung OP Sell.

4. Apabila yang terlihat adalah Gap ke atas sementara Candle Bearish, jangan ambil OP. Begitu pula jika Gap ke bawah dan Candle Bullish jangan ambil OP. Tunggu hingga muncul reversal Candle. Artinya saat candle tidak searah dengan posisi Gap, tunggu OP hingga muncul signal reversal candle dan candle siap-siap balik arah. Saat Candle balik arah itulah kita masuk pasar. Reversal candle yang jadi Entry point adalah reversal candle yang searah dengan Gap.

5. Minor trend yang bisa terjadi di TF H1 untuk Gap ini bisa 100-600 pip. Untuk itu pasang TP 100-600 setelah OP sesuai sinyal di atas dan Close apabila ditemukan reversal Candle berikutnya (Meskipun TP belum tersentuh), karena harga akan segera berbalik arah. Cukup sekali OP, selesai. Tidak perlu membuka OP kedua. 300 pip hanya dalam 2-3 Candle H1. Apabila kita trade dengan lot 1 berapa $ yang didapatkan?
Kalau kita pasang 3x OP sekaligus ? Silahkan hitung sendiri.

Dalam scalping dibutuhkan ketepatan dalam Entry dan kecepatan dalam mengambil keputusan baik untuk OP maupun Exit.

Yang paling riskan terutama untuk OP pertama dalam Extrim Scalping yang sudah saya jelaskan. Sinyal reversal candle digunakan dalam rangka pengambilan keputusan, terutama untuk memprediksi arah trend candle H1 selanjutnya apakah bearish atau bullish.

Setelah muncul pattern atau sinyal reversal, sebenarnya kita sudah mempunyai keputusan yang jelas apa bentuk candle selanjutnya. Pada saat candle baru terbentuk dan harga bergerak 5 pip, maka itulah trend yang valid untuk scalping kita. OP pertama bisa dimulai dari sini. Untuk OP ke 2 sampai seterusnya dimulai saat TP telah tercapai atau open account sebelumnya telah ditutup. Begitu hingga candle H1 terbentuk utuh.

Think Fast, 100 pip dalam setengah jam harus bisa ! Gunakan multi OP, script dan yang lainnya seperti dijelaskan di depan.

The winners never quite and the quiters never win.
at 8:48 AM

5 komentar untuk "Nathea Trading System"

Anonymous said...

ini hasill rangkuman seluruh penjelasan masta nathea y broo??

endha said...

betul bro...

mch andrew said...

gila nih master...maut bener jurusnya...gua ikutin terus di post forum sebelah...salut buat master nathea yang mau share ilmunya...

Unknown said...

bener2 komplit pemaparannya, tinggal ikutin aja sesuai dgn gaya tempur msng2, kenapa mesti habiskan waktu cari2 strategi, kapan tempurnya?? selamat berjuang !!!

Maman Dulyaman said...

psotingan yang menarik, bro. memang ada berbagai strategi yang bagus yang bisa kita terapkan dalam trading yang kita lakukan untuk mencapai hasil trading yang lebih signifikan dan memuaskan. saat ini saya memanfaatkan minimal deposit $5 pada akun micro di OctaFX dan didukung oleh leverage 1:500 untuk menunjang keberlangsungan trading yang saya lakukan.

Back to Top